NADHOM AQIDATUL AWAM
Karya Syaikh Ahmad Al Marzuki Al Maliki
أَبْـدَأُ بِـاسْمِ اللهِ
وَالرَّحْـمَنِ * وَبِالرَّحِـيْـمِ دَائـِمِ اْلإِحْـسَانِ
Abdau
bismillahi wa rohmani – wa birohimi daimil ihsani
Saya
memulai dengan nama Allah, Zat yang Maha Pengasih, dan Maha Penyayang yang
senantiasa memberikan kenikmatan tiada putusnya.
فَالْحَـمْـدُ ِللهِ الْـقَدِيْمِ اْلأَوَّلِ *
اَلآخِـرِ الْبَـاقـِيْ بِلاَ تَحَـوُّلِ
Falhamdulillahil
qodimil awali – al akhiril baqi bila tahawuli
Maka
segala puji bagi Allah Yang Maha Dahulu, Yang Maha Awal, Yang Maha Akhir, Yang
Maha Tetap tanpa ada perubahan.
ثُمَّ الـصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ سَـرْمَدَا *
عَلَى الـنَّـبِيِّ خَيْرِ مَنْ قَدْ وَحَّدَا
Tsuma
sholatu wassalamu sarmada – ‘ala nabiyi khoiri man qod wahada
Kemudian,
semoga shalawat dan salam senantiasa tercurahkan pada Nabi sebaik-baiknya orang
yang meng-Esakan Allah.
وَآلِهِ وَصَـحْبِهِ وَمَـنْ تَـبِـعْ * سَـبِيْلَ
دِيْنِ الْحَقِّ غَيْرَ مُـبْـتَدِعْ
Wa alihi
washohbihi waman tabi’ – sabiladinil haqi ghoiro mubtadi
Dan
keluarganya, para sahabatnya dan orang-orang yang mengikuti jalan agama secara
benar bukan orang-orang yang berbuat bid’ah
وَبَعْدُ فَاعْلَمْ بِوُجُوْبِ الْمَعْرِفَـهْ *
مِنْ وَاجِـبٍ ِللهِ عِشْـرِيْنَ صِفَهْ
Waba’du
fa’lam bi wujubil ma’rifah – min wajibi lillahi ‘isrina shifah
Dan
setelahnya Ketahuilah dengan yakin bahwa Allah itu mempunyai 20 sifat wajib.
فَاللهُ مَوْجُـوْدٌ قَـدِيْمٌ بَاقِـي *
مُخَالـِفٌ لِلْـخَـلْقِ بِاْلإِطْلاَقِ
Fallohu
maujudun qodimun baqi – mukholiful lilkholqi bil itlaqi
Allah
itu Ada, Qodim, Baqi dan berbeda dengan makhluk-Nya secara mutlak.
وَقَـائِمٌ غَـنِيْ وَوَاحِـدٌ وَحَيّ * قَـادِرْ
مُـرِيْـدٌ عَـالِمٌ بِكُلِّ شَيْ
Waqoimun
ghoni wa wahidun wahay – qodir muridun ‘alimun biqulisyai
Berdiri
sendiri, Maha Kaya, Maha Esa, Maha Hidup, Maha Kuasa, Maha Menghendaki, Maha
Mengetahui atas segala sesuatu.
سَـمِـيْعٌ اْلبَصِـيْرُ وَالْمُتَكَلِّـمُ * لَهُ
صِـفَاتٌ سَـبْعَـةٌ تَـنْـتَظِمُ
Sami’unil
bashiru wal mutakalimu – lahu shifatun sab’atun tantadhimu
Maha
Mendengar, Maha Melihat, Maha Berbicara, Allah mempunyai 7 sifat yang tersusun.
فَقُـدْرَةٌ إِرَادَةٌ سـَمْـعٌ بـَصَرْ *
حَـيَـاةٌ الْعِلْـمُ كَلاَمٌ اسْـتَمَرْ
Faqud
rotun irodatun sam’un bashor – hayatunil ‘ilmu kalamu nistamar
yaitu
Berkuasa, Menghendaki, Mendengar, Melihat, Hidup, Mempunyai Ilmu, Berbicara
secara terus berlangsung.
وَجَائـِزٌ بِـفَـضْـلِهِ وَ عَدْلِهِ * تَـرْكٌ
لـِكُلِّ مُمْـكِـنٍ كَفِعْلِهِ
Wajaizun
bifadhlihi wa’adlihi – tarkullikuli mumkinin kafi’lihi
Dengan
karunia dan keadilan-Nya, Allah memiliki sifat boleh (wenang) yaitu boleh
mengerjakan sesuatu atau meninggalkannya.
أَرْسَـلَ أَنْبِيَا ذَوِي فَـطَـانَـهْ *
بِالصِّـدْقِ وَالتَـبْلِـيْغِ وَاْلأَمَانَهْ
Arsala
ambiya dawi fatonah – bishidqi wattablighi wal amanah
Allah
telah mengutus para nabi yang memiliki 4 sifat yang wajib yaitu cerdas, jujur,
menyampaikan (risalah) dan dipercaya.
وَجَـائِزٌ فِي حَـقِّهِمْ مِنْ عَرَضِ *
بِغَيْـرِ نَقْصٍ كَخَـفِيْفِ الْمَرَضِ
Waja-izun
fi haqihim min ‘arodhi – min ghoiri naqshin kakhofi fil marodhi
Dan
boleh di dalam hak Rosul dari sifat manusia tanpa mengurangi derajatnya,
misalnya sakit yang ringan.
عِصْـمَـتُهُمْ كَسَائِرِ الْمَلاَئِكَهْ *
وَاجِـبَـةٌ وَفَاضَلُوا الْمَـلاَئِكَهْ
‘ismatuhum
kasairil malaikat – wajibatun wa fadholul malaikat
Mereka
mendapat penjagaan Allah (dari perbuatan dosa) seperti para malaikat
seluruhnya.(Penjagaan itu) wajib bahkan para Nabi lebih utama dari para
malaikat.
وَالْمُسْـتَحِيْلُ ضِدُّ كُلِّ وَاجِبِ *
فَاحْفَظْ لِخَمْسِـيْنَ بِحُكْمٍ وَاجِبِ
Wal
mustahilu dhidu kulli wajibi – fahfadh likhomsina bihukmin wajibi
Dan
sifat mustahil adalah lawan dari sifat yang wajib maka hafalkanlah 50 sifat itu
sebagai ketentuan yang wajib.
تَفْصِيْلُ خَمْسَةٍ وَعِشْـرِيْنَ لَزِمْ *
كُـلَّ مُـكَلَّـفٍ فَحَقِّقْ وَاغْـتَنِمْ
Tafshilu
khomsatin wa ‘isrina lazim – kula mukalafin fahaqqiq waghtanim
Adapun
penjabaran nama para Rosul ada 25 itu wajib diketahui bagi setiap mukalaf, maka
yakinilah dan ambillah keuntungannya.
هُمْ آدَمٌ اِدْرِيْسُ نُوْحٌ هُـوْدُ مَعْ *
صَالِـحْ وَإِبْرَاهِـيْـمُ كُلٌّ مُـتَّبَعْ
Hum
adamun idrisun nuhun hudu ma’ – sholih wa ibrohimu kullu mutaba’
Mereka
adalah Nabi Adam, Idris, Nuh, Hud serta Sholeh, Ibrahim (yang masing-masing
diikuti berikutnya).
لُوْطٌ وَاِسْـمَاعِيْلُ اِسْحَاقُ كَذَا *
يَعْقُوبُ يُوسُـفُ وَأَيُّوْبُ احْتَذَى
Luthun
wa isma’ilu ishaqu kadza – ya’qubu yusufu wa ayubuhtadza
Luth, Ismail
dan Ishaq demikian pula Yaqub, Yusuf dan Ayyub dan selanjutnya.
شُعَيْبُ هَارُوْنُ وَمُوْسَى وَالْيَسَعْ * ذُو
الْكِـفْلِ دَاوُدُ سُلَيْمَانُ اتَّـبَعْ
Syu’aibu
harunu wamusa wal yasa’ – dzulkifli dawudu sulaimanuttaba’
Syuaib,
Harun, Musa dan Alyasa’, Dzulkifli, Dawud, Sulaiman yang diikuti.
إلْيَـاسُ يُوْنُسْ زَكَرِيـَّا يَحْيَى *
عِيْسَـى وَطَـهَ خَاتِمٌ دَعْ غَـيَّا
Ilyasu
yunusu zakariya yahya – ‘isa wa thoha khotimun da’ ghoya
Ilyas,
Yunus, Zakaria, Yahya, Isa dan Thaha (Muhammad) sebagai penutup, maka
tinggalkanlah jalan yang menyimpang dari kebenaran
عَلَـيْهِمُ الصَّـلاَةُ وَالسَّـلاَمُ *
وَآلِـهِمْ مـَا دَامَـتِ اْلأَيـَّـامُ
‘alaihimu
sholatu wasalamu – wa alihi madamatil ayamu
Semoga
shalawat dan salam terkumpulkan pada mereka dan keluarga mereka sepanjang masa.
وَالْمَـلَكُ الَّـذِيْ بِلاَ أَبٍ وَأُمْ * لاَ
أَكْلَ لاَ شُـرْبَ وَلاَ نَوْمَ لَـهُمْ
Wal
malakuladzi bila abi wa um – la aklala syurba wala nauma lahum
Adapun
para malaikat itu tetap tanpa bapak dan ibu, tidak makan dan tidak minum serta
tidak tidur.
تَفْـصِـيْلُ عَشْرٍ مِنْهُمُ جِبْرِيْلُ *
مِـيْـكَـالُ اِسْـرَافِيْلُ عِزْرَائِيْلُ
Tafshilu
‘asyrimmihumu jibrilu – mikalu isrofilu ‘izroilu
Secara
terperinci mereka ada 10, yaitu Jibril, Mikail, Israfil, dan Izrail.
مُنْـكَرْ نَكِـيْرٌ وَرَقِيْبٌ وَكَذَا *
عَتِـيْدٌ مَالِكٌ ورِضْوَانُ احْتَـذَى
Munkar
nakirun wa roqibun wakadza – ‘atidun malikun waridhwa nuhtada
Munkar,
Nakiir, dan Roqiib, demikian pula ‘Atiid, Malik, dan Ridwan dan selanjutnya.
أَرْبَـعَـةٌ مِنْ كُتُبٍ تَـفْصِيْلُهَا *
تَوْارَةُ مُوْسَى بِالْهُدَى تَـنْـزِيْلُهَا
Arba’atun
min kutubin tafsiluha – taurotu musa bil huda tanziluha
Empat
dari Kitab-kitab Suci Allah secara terperinci adalah Taurat bagi Nabi Musa
diturunkan dengan membawa petunjuk.
زَبُـوْرُ دَاوُدَ وَاِنْجِـيْـلُ عَلَى *
عِيْـسَى وَفُـرْقَانُ عَلَى خَيْرِ الْمَلاَ
Zaburu
dawuda wa injilu ‘ala – ‘isma wafurqonu khoiril mala
Zabur
bagi Nabi Dawud dan Injil bagi Nabi Isa dan Al-Qur’an bagi sebaik-baik kaum
(Nabi Muhammad SAW).
وَصُحُـفُ الْخَـلِيْلِ وَالْكَلِيْمِ * فِيْهَـا
كَلاَمُ الْـحَـكَمِ الْعَلِـيْمِ
Wa
shuhuful kholili wal kalami – fiha kalamul hakamil ‘alimi
Dan
lembaran-lembaran (Shuhuf) suci yang diturunkan untuk Al-Kholil (Nabi Ibrohim)
dan Al-Kaliim (Nabi Musa) mengandung Perkataan dari Yang Maha Bijaksana dan
Maha Mengetahui.
وَكُـلُّ مَا أَتَى بِهِ الـرَّسُـوْلُ *
فَحَـقُّـهُ التَّسْـلِـيْمُ وَالْقَبُوْلُ
Wakuluma
ata bihi rosulu – fahaqquhu taslimu wal qobulu
Dan
segala apa-apa yang disampaikan oleh Rasulullah, maka kita wajib pasrah dan
menerima.
إِيْـمَـانُنَا بِـيَوْمِ آخِرٍ وَجَبْ * وَكُلِّ
مَـا كَانَ بِـهِ مِنَ الْعَجَبْ
Imanuna
biyaumi akhhirin wajab – wakuli ma kana bihi minal ‘ajab
Keimanan
kita kepada Hari Akhir hukumnya wajib, dan segala perkara yang dahsyat pada
Hari Akhir.
خَاتِمَةٌ فِي ذِكْرِ بَاقِي الْوَاجِبِ * مِمَّـا
عَـلَى مُكَلَّفٍ مِنْ وَاجِبِ
Khotimatun
fi dzikri baqil wajibi – mima ‘ala mukalafin min wajibi
Sebagai
penutup untuk menerangkan ketetapan yang wajib, dari hal yang menjadi kewajiban
bagi mukalaf.
نَبِـيُّـنَا مُحَمَّدٌ قَدْ أُرْسِــلاَ *
لِلْـعَالَمِـيْـنَ رَحْـمَةً وَفُضِّلاَ
Nabiyuna
muhammadun qod ursila – lil ‘alamina rohmatan wa fudhila
Nabi
kita Muhammad telah diutus untuk seluruh alam sebagai Rahmat dan keutamaan
diberikan kepada beliau SAW melebihi semua.
أَبـُوْهُ عَبْدُ اللهِ عَبْدُ الْمُطَّلِـبْ *
وَهَاشِـمٌ عَبْدُ مَنَافٍ يَنْتَسِـبْ
Abuhu
‘abdullohi ‘abdul mutholib – wa hasyimun ‘abdu manafin yantasib
Ayahnya
bernama Abdullah putra Abdul Mutalib, dan nasabnya bersambung kepada Hasyim
putra Abdu Manaf.
وَأُمُّـهُ آمِـنَةُ الـزُّهْــرِيـَّهْ *
أَرْضَـعَتْهُ حَلِيْمَـةُ السَّـعْدِيـَّهْ
Wa
ummuhu aminatu zuhriyyah – ardho’athu halimatu sa’diyyah
Dan
ibunya bernama Aminah Az-Zuhriyah, yang menyusui beliau adalah Halimah
As-Sadiyyah.
مَوْلـِدُهُ بِمَـكَّـةَ اْلأَمِيْــنَهْ *
وَفَاتُـهُ بِـطَـيْـبَةَ الْـمَدِيْنَهْ
Mauliduhu
bimakatal aminah – wafatuhu bithoibatal madinah
Lahirnya
di Makkah yang aman, dan wafatnya di Toyibah (Madinah).
أَتَـمَّ قَـبْـلَ الْـوَحْيِ أَرْبَعِيْنَا *
وَعُـمْـرُهُ قَدْ جَاوَزَ السِّـتِّيْنَا
Atama
qoblal wahyi arba’ina – wa ‘umruhu qodjawaza sitinah
Sebelum
turun wahyu, nabi Muhammad telah sempurna berumur 40 tahun, dan usia beliau 60
tahun lebih.
وَسَـبْـعَةٌ أَوْلاَدُهُ فَمِـنْـهُمُ *
ثَلاثَـةٌ مِـنَ الذُّكـُوْرِ تُـفْهَمُ
Wa
sab’atun auladuhu faminhumu – tsalatsatun mina dzukuri tufhamu
Ada 7
orang putra-putra nabi Muhammad, di antara mereka 3 orang laki-laki, maka
pahami itu.
قَاسِـمْ وَعَبْدُ اللهِ وَهْوَ الطَّيِّبُ *
وَطَاهِـرٌ بِذَيْـنِ ذَا يُـلَـقَّبُ
Qosim wa
‘abdullohi wahwa thoyibu – wathohirun bidzaini dza yulaqobu
Qasim
dan Abdullah yang bergelar At-Thoyyib dan At-Thohir, dengan 2 sebutan inilah
(At-Thoyyib dan At-Thohir) Abdullah diberi gelar.
أَتَاهُ إبْرَاهِـيْـمُ مِنْ سُـرِّيـَّهْ *
فَأُمُّـهُ مَارِيَّةُ الْـقِـبْـطِـيَّـهْ
Atahu
ibrohimu min surriyah – fa ummuhu mariyatul qibtiyah
Anak
yang ketiga bernama Ibrohim dari Sariyyah (Amat perempuan), ibunya (Ibrohim)
bernama Mariyah Al-Qibtiyyah.
وَغَيْـرُ إِبْرَاهِيْمَ مِنْ خَـدِيْجَهْ * هُمْ
سِتَـةٌ فَخُـذْ بِهِمْ وَلِـيْجَهْ
Wa
ghoiru ibrohima min khodzijah – hum sittatun fakhud bihim walijah
Selain
Ibrohim, ibu putra-putri Nabi Muhammad berasal dari Khodijah, mereka ada 6
orang (selain Ibrahim), maka kenalilah dengan penuh cinta.
وَأَرْبَعٌ مِـنَ اْلإِنَاثِ تُـذْكَـرُ * رِضْـوَانُ
رَبِّي لِلْجَمِـيْعِ يُذْكَرُ
Wa
arba’un minal inatsi tudzkaru – ridhwanu robbi liljami’I yudzkaru
Dan 4
orang anak perempuan Nabi akan disebutkan, semoga keridhaan Allah untuk
mereka semua.
فَاطِـمَـةُ الزَّهْرَاءُ بَعْلُهَا عَلِيْ *
وَابْنَاهُمَا السِّـبْطَانِ فَضْلُهُمُ جَلِيْ
Fatimatu
zahroi ba’luha ‘ali – wabnahuma sibthoini fadhluhum jail
Fathimah
Azzahro yang bersuamikan Ali bin Abi Tholib, dan kedua putra mereka (Hasan dan
Husein) adalah cucu Nabi yang sudah jelas keutamaannya.
فَزَيْـنَبٌ وَبَعْـدَهَـا رُقَـيَّهْ * وَأُمُّ
كُـلْـثُـومٍ زَكَـتْ رَضِيَّهْ
Fa
zainabun wa ba’daha riqoyah – wa ummu kultsumin zakat rodhiyyah
Kemudian
Zaenab dan selanjutnya Ruqayyah, dan Ummu Kultsum yang suci lagi diridai.
عَنْ تِسْعِ نِسْوَةٍ وَفَاةُ الْمُصْطَفَى * خُيِّـرْنَ
فَاخْتَرْنَ النَّـبِيَّ الْمُقْتَفَى
‘an
tis’I niswatin wa faatul mushthofa – khuyyirna fakhtarna nabiyal mushthofa
Dari 9
istri Nabi ditinggalkan setelah wafatnya, mereka semua telah diminta memilih
surga atau dunia, maka mereka memilih nabi sebagai panutan.
عَائِشَـةٌ وَحَفْصَـةٌ وَسَـوْدَةُ * صَـفِيَّـةٌ
مَـيْـمُـوْنَةٌ وَ رَمْلَةُ
‘aisatun
wa hafshotun wa saudah – shofiyatun maimunatun wa romlah
‘Aisyah,
Hafshah, dan Saudah, Shofiyyah, Maimunah, dan Romlah.
هِنْدٌ وَ زَيْـنَبٌ كَذَا جُوَيـْرِيَهْ *
لِلْمُـؤْمِـنِيْنَ أُمَّـهَاتٌ مَرْضِـيَّهْ
Hindun
wa zainabun kadza juwairiyah – lil mukminina ummahatun mardhiyyah
Hindun
dan Zaenab, begitu pula Juwairiyyah, Bagi kaum mukmin mereka menjadi ibu-ibu
yang diridai.
حَمْـزَةُ عَمُّـهُ وعَـبَّاسٌ كَذَا *
عَمَّـتُـهُ صَـفِيَّـةٌ ذَاتُ احْتِذَا
Hamzatun
‘ammahu wa ‘abbasu kadza – ‘ammatuhu shofiyyatun dzatuhtidza
Hamzah
adalah Paman Nabi demikian pula ‘Abbas, Bibi Nabi adalah Shofiyyah yang
mengikuti Nabi.
وَقَبْـلَ هِجْـرَةِ النَّـبِيِّ اْلإِسْرَا * مِـنْ
مَـكَّةَ لَيْلاً لِقُدْسٍ يُدْرَى
Wa qobla
hijroti nabiyyil isro – min makatin lailan liqudsin yudro
Dan
sebelum Nabi Hijrah (ke Madinah), terjadi peristiwa Isro’.Dari Makkah pada
malam hari menuju Baitul Maqdis yang dapat dilihat.
وَبَعْدَ إِسْـرَاءٍ عُرُوْجٌ لِلسَّـمَا * حَتَّى
رَأَى النَّـبِيُّ رَبًّـا كَـلَّمَا
Wa ba’da
isroin ‘urujun lissama – hatta roa nabiyyu rubban kullama
Setelah
Isro’ lalu Mikraj (naik) ke atas sehingga Nabi melihat Tuhan yang berkata-kata.
مِنْ غَيْرِكَيْفٍ وَانْحِصَارٍ وَافْـتَرَضْ *
عَلَيْهِ خَمْسًا بَعْدَ خَمْسِيْنَ فَرَضْ
Min
ghoiri kaifin wanhishorin waftaridh – ‘alaihi khomsan ba’da khomsina farodh
Berkata-kata
tanpa bentuk dan ruang.Di sinilah diwajibkan kepadanya (salat) 5 waktu yang
sebelumnya 50 waktu.
وَبَـلَّـغَ اْلأُمَّـةَ بِاْلإِسْــرَاءِ *
وَفَـرْضِ خَـمْـسَةٍ بِلاَ امْتِرَاءِ
Wa
balaghil ummata bil isroi – wa fardhi khomsatin bilamtiroi
Dan Nabi
telah menyampaikan kepada umat peristiwa Isro’ tersebut.Dan kewajiban salat 5
waktu tanpa keraguan.
قَدْ فَازَ صِـدِّيْقٌ بِتَصْـدِيْقٍ لَهُ *
وَبِالْعُرُوْجِ الصِّـدْقُ وَافَى أَهْلَهُ
Qod faza
shiddiqun bitashdiqin lahu – wa bil ‘uruji shidqu wa fa ahlahu
Sungguh
beruntung sahabat Abu Bakar As-Shiddiq dengan membenarkan peristiwa tersebut,
juga peristiwa Mikraj yang sudah sepantasnya kebenaran itu disandang bagi
pelaku Isro’ Mikraj.
وَهَـذِهِ عَقِيْـدَةٌ مُخْـتَصَرَهْ *
وَلِلْـعَـوَامِ سَـهْـلَةٌ مُيَسَّرَهْ
Wa
hadihi ‘aqidatun mukhtashoroh – wa lil’awamili sahlatun muyassaroh
Inilah
keterangan Aqidah secara ringkas bagi orang-orang awam yang mudah dan gampang.
نَاظِمُ تِلْكَ أَحْـمَدُ الْمَرْزُوْقِيْ * مَنْ
يَنْتَمِي لِلصَّـادِقِ الْمَصْدُوْقِ
Nadhimu
tilka ahmadul marzuqi – man yantami lishodiqil mashduqi
Yang di
nadhomkan oleh Ahmad Al Marzuqi, seorang yang bernisbat kepada Nabi Muhammad
(As-Shodiqul Mashduq).
وَالْحَمْدُ ِللهِ وَصَـلَّى سَـلَّمَا * عَلَـى
النَّبِيِّ خَيْرِ مَنْ قَدْ عَلَّـمَا
Walhamdu
lillahi washolla sallama – ‘ala nabiyyu khoiri man qod ‘allama
Dan
segala puji bagi Allah serta Shalawat dan Salam tercurahkan kepada Nabi
sebaik-baik orang yang telah mengajar.
وَاْلآلِ وَالصَّـحْبِ وَكُلِّ مُرْشِدِ * وَكُلِّ
مَـنْ بِخَيْرِ هَدْيٍ يَقْتَدِيْ
Wal ali
wa shohbi wakulli mursyidi – wakuli man bikhoirin hadyin yaqtadi
Juga
kepada keluarga dan sahabat serta orang yang memberi petunjuk dan orang yang
mengikuti petunjuk.
وَأَسْـأَلُ الْكَرِيْمَ إِخْلاَصَ الْعَمَلْ *
ونَفْعَ كُلِّ مَنْ بِهَا قَدِ اشْـتَغَلْ
Wa as
alul karima ikhlashol ‘amal – wa naf’a kulla man biha qodisytaghol
Dan saya
mohon kepada Allah yang Maha Pemurah keikhlasan dalam beramal dan manfaat bagi
setiap orang yang berpegang teguh pada aqidah ini.
أَبْيَاتُهَا ( مَيْـزٌ ) بِـعَدِّ الْجُمَلِ *
تَارِيْخُهَا ( لِيْ حَيُّ غُرٍّ ) جُمَلِ
Abyatuha
maizun bi ‘addil jumali – tarikhuha li hayyu ghurrin jumali
Nadhom
ini ada 57 bait dengan hitungan abjad, tahun penulisannya 1258 Hijriah.
سَـمَّيْـتُهَا عَـقِـيْدَةَ الْعَوَامِ * مِـنْ
وَاجِبٍ فِي الدِّيْنِ بِالتَّمَامِ
Sammaituha
‘aqidatal ‘awama – min wajibin fiddiini bittamaali
Posting Komentar